Selamat datang di
TKIT Aisyah Educare Anak Shalih

Alhamdulillah, dengan izin Allah kami terus berupaya memberi pijakan kepada siswa dan siswi untuk kelak menjadi pribadi yang shalih dan shalihah

Visi Kami

Setiap anak siap tumbuh kembang menjadi pribadi yang shalih dan shalihah

Shalih keyakinannya Shalih adab dan akhlaknya Shalih amalnya Shalih jasmaninya

Penjabaran Visi kami

Setiap anak

Yaitu setiap siswa dan siswi yang bersekolah di TKIT Aisyah Educare Anak Shalih.

Pribadi

Pengembangan karakter dan perilaku anak yang kami kedepankan, tanpa mengesampingkan aspek kognisi dan psikomotoriknya.

Tumbuh kembang

Bermakna bahwa yang kami utamakan adalah proses, bukan sekedar nilai yang tercantum pada rapor perkembangan anak.

Shalih dan shalihah

Karakter inti dan utama yang kami upayakan dapat tumbuh dan berkembang dalam diri setiap siswa dan siswi, yang terjabar dalam misi kami.

Visi kami tentang ananda, bukan tentang sekolah.

Umumnya sekolah memiliki visi untuk menjadi lembaga pendidikan yang terbaik, unggul, dsb. Kami berbeda. Visi kami tentang anak-anak kita. Shalih dan shalihahnya putra putri kita adalah tujuan kami, prestasi yang kami kejar.

Misi kami

Menyiapkan setiap siswa dan siswi agar tumbuh kembang menjadi pribadi yang bertauhid, beraqidah dan beribadah sesuai Al-Quran dan As-Sunnah menurut pemahaman Salafus Shalih, berbakti kepada kedua orangtuanya, berakhlak mulia, mandiri, sehat, dan menjadi seorang pembelajar sepanjang hayat.

Penjabaran Misi kami

Menyiapkan

Mendidik, mengajari, memberi petunjuk, menuntun, menasehati, memberi contoh, mengayomi setiap siswa dan siswi.

Bertauhid

Mengetahui makna dan rukun Laa Ilaaha Illallah, macam-macam Tauhid, dan mampu membedakan antara Tauhid dan Syirik.

Beraqidah

Mengetahui dan memiliki keyakinan yang benar tentang rukun-rukun Islam, Iman dan Ihsan.

Beribadah

Mampu dan terbiasa mengamalkan ibadah-ibadah yang utama sehari-hari seperti bersuci, shalat, dan berdoa sesuai contoh Nabi ﷺ.

Al-Quran & As-Sunnah menurut pemahaman Salafus Shalih

Menjadikan cara beragama Salafus Shalih sebagai dasar rujukan dan pijakan.

Berbakti kepada kedua orangtua

Beradab kepada orangtua, senang membantu dan rajin mendoakan keduanya.

Berakhlak mulia

Santun dalam bertutur kata, baik interaksinya dengan sesama.

Cerdas

Mampu berpikir ilmiah, dapat membedakan mana yang bermanfaat bagi dirinya dan mana yang tidak.

Mandiri

Mampu melakukan kemampuan dasar hidup tanpa bantuan orang lain.

Sehat

Mengetahui dan mempraktekan perilaku hidup bersih dan sehat.

Pembelajar sepanjang hayat

Menjadi seorang rajin belajar, gemar membaca buku, dan terus berupaya mencari ilmu yang bermanfaat ke jenjang yang lebih tinggi. Menjadi seorang penuntut ilmu.

Awal berdirinya TKIT Aisyah

Berangkat dari visi agar anak-anak kita siap tumbuh kembang menjadi putra dan putri yang shalih dan shalihah serta menjadi generasi yang cinta kepada Allah dan Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, TKIT Aisyah Educare Anak Shalih berdiri pada tahun 2017 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Imam Ahmad bin Hanbal dengan Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafizhahullah sebagai Pembina kami.

Pada awalnya kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan menyewa sebuah rumah. Model pembelajaran yang kami gunakan adalah model sentra dengan 4 jenis sentra yang terdiri dari sentra persiapan, sentra balok, sentra iman dan taqwa, serta sentra kreatifitas dan bahan alam.

Alhamdulillah, dengan pertolongan, kemudahan dan rezeki dari Allah, TKIT Aisyah mulai berkembang dan pada tahun 2019 kami menyewa satu bangunan rumah lagi, menyediakan area playground yang luas, serta menambah satu jenis sentra lagi yaitu sentra main peran besar. Secara bertahap, in sya Allah kami terus berupaya mengembangkan sistem pendidikan, manajemen, SDM, serta bangunan dan fasilitas penunjang kegiatan pendidikan.

Profil Pendidik

Para pendidik yang berkhidmat in sya Allah merupakan individu-individu yang memiliki kecakapan mendidik anak usia dini yang berusaha menjadi teladan sebagai pembalajar sepanjang hayat. Karena itu, masing-masing pendidik mendapatkan kesempatan untuk terus belajar melalui kajian ilmiah keislaman dan kegiatan pengembangan profesionalisme, diantaranya:

Target Kompetensi Lulusan

Program yang terintegrasi nilai-nilai keislaman tidak sekedar memperkaya pengalaman belajar, setiap peserta didik TKIT Aisyah Educare Anak Shalih juga mendapatkan bimbingan pijakan keyakinan, ucapan, dan perbuatan. Secara bersamaan, kami juga membekali mereka dengan pijakan-pijakan dalam keterampilan hidup sebagai bekal melanjutkan pendidikan di jenjang selanjutnya. Dengan izin Allah, kurikulum TKIT Aisyah Educare Anak Shalih akan meluluskan siswa dan siswi dengan kompetensi berikut:

Aqidah

Mengetahui Allah sebagai Sang Pencipta, Pemelihara dan Pemberi Rezeki, Pemilik Nama yang Indah dan Sifat yang Agung, satu-satunya Dzat yang berhak diibadahi; sehingga tumbuh rasa cinta kepada-Nya.

Ibadah

Mampu melaksanakan gerakan ibadah yang utama seperti bersuci dan shalat sesuai contoh Nabi Muhammad ﷺ dengan benar dan tenang.

Adab

Mengenal adab-adab Islami sehari-hari seperti adab masuk dan keluar rumah, adab masuk dan keluar kamar mandi, adab makan dan minum, adab masuk masjid, adab kepada orangtua dan guru, adab kepada teman, adab menggunakan peralatan sekolah, dan lain-lain.

Al-Quran

Hafal minimal 16 surat-surat pendek dalam Al-Quran serta mampu melafazhkannya dengan makhroj dan tajwidnya dengan benar.

Hadits

Hafal 24 hadits terkait aqidah, adab dan akhlak Islam.

Doa & Dzikir

Hafal 21 doa terkait berbagai kegiatan sehari-hari.

Mandiri dan Percaya Diri

Mampu melakukan berbagai kegiatan tanpa bergantung kepada orang lain sesuai usianya dan memiliki kepercayaan diri dalam mengambil keputusan dan bertanggung jawab atas keputusan tersebut, misalnya dalam memilih kegiatan pembelajaran, memilih baju, memakai sepatu, mengambil makanan, dan lain-lain.

Kecakapan Pribadi

Menyadari mengenai dirinya —Siapakah Saya?— sebagai hamba Allah; sehingga tumbuh karakter cinta kebenaran, tanggung jawab dan disiplin, saling menghargai dan saling menolong dalam dirinya; percaya diri dan tidak cengeng.

Kecakapan Berpikir

Tumbuh rasa ingin tahu dan mampu menggali dan mengolah informasi yang diterima, contohnya bagaimana air dapat berubah warna, mampu mencocokkan warna, bentuk dan benda.

Kecakapan Fisik

Matang dalam keterampilan gerak lokomotor, non-lokomotor dengan koordinasi mata — tangan dan mata — kaki yang baik. Gerak lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, merayap; gerak non lokomotor seperti gerakan menarik, mendorong, melempar, menangkap, mencondongkan badan, menulis, menggambar; sehingga siap secara fisik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan SD.

Kecakapan Sosial

Tumbuh kecakapan komunikasi dengan empati, seperti mampu bercerita dan mendengarkan kawan atau orang lain berbicara dengan penuh perhatian, serta mampu menuangkan gagasan atau pikiran dengan menggunakan gambar atau tulisan.

Tumbuh kecakapan kerjasama melalui kegiatan membangun balok, merapikan peralatan yang digunakan, serta membersihkan dan merapikan ruangan bersama.

Kurikulum Islam Terpadu

Di TKIT Aisyah Educare Anak Shalih, terdapat tiga pelajaran pokok yang merupakan pondasi agama Islam yang kami integrasikan ke dalam setiap program dan kegiatan pembelajaran sekolah.

1

Mengenalkan tentang
Allah ﷻ

Mengenalkan kepada siswa dan siswi mengenai Allah Rabb mereka, mengenalkan tentang Nama-nama-Nya yang Indah dan Sifat-sifat-Nya yang Mulia; agar tumbuh keimanan dan kecintaan mereka kepada-Nya, dan meningkat pengetahuan mereka bahwa hanya Allah satu-satunya Dzat yang berhak diibadahi.

2

Mengenalkan tentang
Rasul-Nya ﷺ

Mengenalkan kepada siswa dan siswi mengenai Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yang diutus oleh Allah; agar tumbuh kecintaan kepada beliau dan menjadikan beliau teladan dalam kehidupan.

3

Mengenalkan tentang
Agama-Nya

Mengenalkan kepada siswa dan siswi mengenai panduan agama Islam, yaitu Al-Quran yang Allah turunkan, Sunnah Rasul-Nya, serta pengamalan para Sahabat; agar mereka memahami dan mempraktekkan ajaran Islam dengan benar.

Ketiga pelajaran pokok di atas terintegrasi dalam berbagai kegiatan untuk menyiapkan kemampuan dasar dan kemandirian siswa dan siswi. Diantara upayanya adalah memberikan stimulasi dan latihan terkait kemampuan dasar seperti:

Model Pembelajaran Sentra

Kami menggunakan model pembelajaran sentra yang memberikan kesempatan kepada siswa dan siswi membangun tidak hanya kemampuan akademiknya, namun juga menyentuh aspek kehidupan lainnya termasuk sikap dan perilaku. Dengan pembelajaran sentra, maka siswa dan siswi:

Lima Sentra Pembelajaran

Sentra Imtaq

Sentra Imtaq (Iman dan Taqwa) memberikan kesempatan kepada siswa dan siswi untuk mengenal Rabb mereka, Rukun Iman, Rukun Islam, serta cara beribadah yang sesuai dengan Sunnah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Pada sentra ini juga siswa dan siswi mulai mengenal huruf hijaiyah dan angka Arab. Mereka juga mempelajari adab dan akhlak melalui kisah-kisah dan buku.

Sentra KBA

Sentra Kreativitas dan Bahan Alam (KBA) memberikan kesempatan kepada siswa dan siswi menggunakan bahan langsung dari alam seperti batu, tanah, air, dan lainnya dengan percobaan sains sederhana; untuk menstimulisasi kemampuan motorik halus, meningkatkan rasa ingin tahu, dan menumbuhkan rasa seni anak dengan kegiatan seperti melukis, mencampur warna, meremas, mengocok, mengamati, menumbuk, dan lain-lain.

Sentra Persiapan

Sentra Persiapan menstimulisasi kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif, serta kognitif anak melalui berbagai kegiatan seperti mengenal aksara, mengenal pola dan angka, dan berhitung menggunakan alat peraga yang mendukung dan menyenangkan.

Sentra Balok

Sentra Balok menstimulasi kemampuan sosial emosional dan kognitif anak. Memberikan kesempatan kepada siswa dan siswi untuk berani mencoba mempresentasikan ide ke dalam bentuk nyata berupa bangunan, serta mengenal konsep dasar ukuran dan bentuk. Siswa dan siswi juga belajar berinteraksi dengan teman sebayanya, bekerja sama dalam membangun balok serta bertanggung jawab merapikan kembali ke dalam rak.

Sentra MPB

Di Sentra Main Peran Besar (MPB) siswa dan siswi mengembangkan kemampuan bersosialisasi, mengikuti prosedur, bereksperimen, dan berbahasa; melalui kegiatan bermain peran.

Program dan Kegiatan

Pembiasaan Adab Islam

Kami memahami bahwa usia dini merupakan usia yang istimewa untuk menanamkan adab-adab Islami. Karena itu, kami berusaha memberikan stimulasi kepada siswa dan siswi untuk senantiasa menerapkan adab-adab Islami dalam berbagai aktivitas keseharian seperti kegiatan makan dan minum, masuk dan keluar rumah, masuk dan keluar toilet, menyeberang jalan, bertamu, serta aktivitas lainnya.

Salah satu kegiatan yang memberikan banyak pembelajaran adab ini adalah kegiatan makan bersama yang didampingi guru. Pada kegiatan ini siswa dan siswi dibiasakan untuk bersyukur dan bersikap qona’ah (merasa puas) atas rezeki yang Allah berikan. Mereka juga akan melalui pengalaman dengan makanan yang tidak begitu disukai dan belajar untuk bertanggungjawab menghabiskan makanan yang diambil. Dengan pendampingan guru, mereka juga belajar menjaga kebersihan dan menunggu giliran.

Pembiasaan Ibadah

Dengan bimbingan guru, anak belajar untuk melakukan ibadah yang sesuai dengan Sunnah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Melalui kurikulum dan praktek yang sesuai tahap perkembangan anak, siswa dan siswi akan belajar:
Pengetahuan dan pembiasaan ibadah ini akan dipraktekkan dalam kegiatan Sholat Zhuhur setiap hari bersekolah.

Pembelajaran Makhroj dan Tajwid, serta Hafalan Al-Quran, Hadits, dan Do'a Harian

Pada kegiatan ini siswa dan siswi mengikuti halaqah yang terdiri dari 10 s.d 12 siswa, dengan bimbingan guru yang sudah melalui pelatihan dan mendapatkan sertifikat mengajar dari UMMI Foundation. Siswa dan siswi mendapatkan pembelajaran ini setiap hari Senin hingga hari Kamis.

Pada pembelajaran hadits dan do’a, siswa dan siswi belajar melalui metode talaqi. Mereka juga dibiasakan mengucapkan lafal matan-nya dalam bahasa Arab, artinya, serta perawi haditsnya.

Kegiatan Harian di TKIT Aisyah Educare Anak Shalih

Dalam satu pekan, siswa dan siswi masuk sekolah sebanyak lima hari, dari hari Senin sampai Jumat. Pada hari Senin hingga Kamis jadwal KBM berlangsung dari pukul 07.30 s.d 12.30 WIB, sedangkan pada hari Jumat kegiatan berlangsung dari pukul 07.30 s.d 10.00 WIB.

Sinergi Adab Harian

Pembiasaan adab tidak hanya dilaksanakan melalui kegiatan harian di sekolah, tapi juga dilaksanakan di rumah dengan bimbingan orang tua. Setiap siswa dan siswi dibekali buku lembar aktivitas yang diisi sendiri oleh anak saat melaksanakan pembiasaan di rumah.

Kegiatan di Luar Sekolah

Untuk mengintegrasikan tiga pelajaran pokok yakni mengenalkan tentang Allah, Rasul-Nya, dan Agama-Nya sebagai pondasi agama dan nilai-nilai Islam dalam program dan kegiatan sekolah, beberapa kegiatan lain juga dilaksanakan untuk memberikan pengalaman yang lebih luas pada siswa dan siswi.

Kegiatan dilaksanakan dengan memperhatikan minat anak dan dikemas dalam kegiatan yang menarik dan menyenangkan agar proses siswa dan siswi mengenal nilai-nilai Islami menjadi kegiatan utama yang selalu anak ingin lakukan.

Outing Class

Kegiatan outing class memberikan pengalaman pembelajaran di luar sekolah. Dalam satu tahun pelajaran siswa dan siswi mengikuti 4 (empat) kegiatan kunjungan. Beberapa tempat yang sudah pernah kami kunjungi diantaranya Kuntum Farmfield, Pasir Mukti, Brimob, Kantor Polisi Polres Kota Bogor, Kebun Raya Bogor, Kantor Pos, Kantor Pemadam Kebakaran, Dapur Anak Shalih, dan lainnya.

Dalam setiap kunjungan, siswa dan siswi akan belajar mengenal ciptaan dan luasnya kekuasaan Allah, melalui pengamatan terhadap objek yang dilihat dan cara kerjanya. Mereka juga belajar meneladani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dengan menerapkan adab Islam di tempat yang dikunjungi, serta nilai-nilai lainnya yang terdapat dalam tiga pelajaran pokok.

Manasik Haji

Kegiatan manasik haji diikuti oleh siswa dan siswi kelompok TK B bersama sekolah-sekolah Islam lainnya dilaksanakan di SDIT Anak Shalih Bogor. Para peserta mendapatkan pengalaman mengenal ibadah haji dan berinteraksi dengan teman-teman dari sekolah lain.

Renang

Kegiatan renang adalah salah satu kegiatan rutin sekolah setiap bulan. Siswa dan siswi mendapat kesempatan untuk melakukan olahraga air, melatih keberanian anak untuk masuk ke dalam kolam, juga menerapkan adab ketika berada di kolam renang.

Puncak Tema

Kegiatan puncak tema adalah kegiatan yang dilakukan setiap akhir tema pembelajaran selesai. Kegiatan ini dikemas menjadi kegiatan yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh anak, seperti piknik, mengunjungi kebun binatang buatan, berkemah, dan lainnya.

Siswa dan siswi diberi kesempatan untuk menghubungkan pengetahuan mereka di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika, bersamaan dengan seni yang terintegrasi dengan pembelajaran tentang Allah, Rasul-Nya, dan syariat-Nya sehingga mereka dapat lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah sebagai seroang anak muslim.

Evaluasi Tema

Kegiatan ini dilaksanakan setiap tiga bulan. Selama dua pekan anak melakukan kegiatan membuat karya dengan tema yang telah dipelajari. Pada kesempatan ini perkembangan siswa dan siswi akan teramati sehingga dapat diketahui sejauh mana kemampuan dasar dan kemandirian mereka telah berkembang. Hasil pengamatan ini selanjutnya akan digunakan untuk rencana pemberian stimulasi pada siswa.

Siswa dan siswi juga diberi kesempatan untuk melakukan tasmi’ disaksikan oleh guru dan teman-temannya sehingga menumbuhkan rasa percaya dirinya. Mereka juga diberi kesempatan untuk dapat menunjukkan kemampuan di hadapan teman-teman dan guru sehingga diharapkan dapat menambah motivasi untuk semakin semangat untuk terus menghafal Al-Quran, hadits, dan do’a.

Kegiatan bersama Orangtua

Orangtua memegang peranan kunci dalam pendidikan anak, tumbuh kembang dan pendidikan anak sangat dipengaruhi oleh tingkat keterlibatan orangtuanya. Di TKIT Aisyah Educare Anak Shalih, orangtua/wali siswa turut berperan akltif dalam kegiatan pembelajaran. Sinergi antara sekolah dan orangtua siswa akan mendorong tercapainya visi tumbuh kembang siswa. Kegiatan sekolah yang dilakukan bersama orangtua siswa antara lain:

Parenting

Memberikan kesempatan kepada orangtua dan guru untuk bersinergi memiliki pola pikir yang sama dalam pendidikan anak; belajar tentang aqidah yang benar dan kiat menanamkannya dalam diri anak, serta terkait pengasuhan anak. Kegiatan ini diadakan sebanyak empat kali dalam satu tahun pelajaran.

Open Sentra

Kegiatan Open Sentra menampilkan hasil karya siswa dan siswi serta memberikan pengalaman pada orang tua dan anak untuk melakukan kegiatan-kegiatan sentra bersama.

Guest Teacher

Memberikan kesempatan kepada orangtua untuk menjadi guru tamu selama satu hari di TKIT Aisyah Educare Anak Shalih.

Pembelajaran selama Masa Pandemi

Kami berupaya untuk tetap memberikan hak siswa dan siswi untuk memperoleh pendidikan yang terbaik. Karenanya kami melakukan berbagai upaya penyesuaian, diantaranya sebagai berikut:

Demikian sekilas tentang TKIT Aisyah Educare Anak Shalih..

Mari bersama kami membimbing putra-putri kita agar siap tumbuh kembang menjadi anak yang shalih dan shalihah

Yayasan Pendidikan Islam Imam Ahmad bin Hanbal