Selamat datang di
SDIT Anak Shalih Bogor Islamic School

Alhamdulillah dengan izin Allah kami telah membimbing dan mendampingi anak-anak shalih dan shalihah dalam perjalanan meniti ilmu di sekolah ini.

Kami adalah sekolah Islam bermanhaj Ahlus Sunnah wal Jama'ah dengan kurikulum Kemendikbud dan integrasi keislaman yang benar dan terbimbing untuk mencapai visi yang mulia dengan izin Allah.

Sekilas tentang kami...

1
Tahun Berdiri
1 +
Lulusan
1 +
Pendidik
A

Terakreditasi

1
Tahun Berdiri
1 +
Lulusan
1 +
Pendidik
A

Terakreditasi

Visi Kami

Setiap anak tumbuh kembang menjadi pribadi yang shalih dan shalihah

Shalih aqidahnya Shalih amalnya Shalih akhlaknya Shalih adabnya Shalih jasmaninya

Penjabaran Visi kami

Setiap anak

Yaitu setiap siswa dan siswi yang bersekolah di SDIT Anak Shalih Bogor Islamic School.

Pribadi

Pengembangan karakter dan perilaku anak yang kami kedepankan, tanpa mengesampingkan aspek kognisi dan psikomotoriknya.

Tumbuh kembang

Bermakna bahwa proses pendidikan adalah yang kami utamakan, bukan sekedar skor yang tercantum di rapor perkembangan anak.

Shalih dan shalihah

Karakter inti dan utama yang kami upayakan dapat tumbuh dan berkembang dalam diri setiap siswa dan siswi, yang terjabar dalam misi kami.

Visi kami tentang anak Anda, bukan tentang sekolah kami.

Umumnya sekolah memiliki visi untuk menjadi lembaga pendidikan yang terbaik, unggul, dsb. Kami berbeda. Visi kami tentang anak-anak kita. Shalih dan shalihahnya putra putri kita adalah tujuan kami, prestasi yang kami kejar. Adapun prestasi sekolah, kami yakin in sya Allah akan mengikuti : )

Misi kami

Membimbing setiap siswa dan siswi tumbuh kembang menjadi pribadi yang bertauhid, beraqidah dan beribadah sesuai Al Quran dan As-Sunnah menurut pemahaman Salafush Shalih, berbakti kepada orangtua, berakhlak mulia, cerdas, mandiri, sehat, dan pembelajar sepanjang hayat.

Penjabaran Misi kami

Membimbing

Mendidik, mengajari, memberi petunjuk, menuntun, menasehati, memberi contoh, mengayomi setiap siswa dan siswi.

Bertauhid

Mengetahui makna dan rukun Laa Ilaaha Illallah, macam-macam Tauhid, dan mampu membedakan antara Tauhid dan Syirik.

Beraqidah

Mengetahui dan memiliki keyakinan yang benar tentang rukun-rukun Islam, Iman dan Ihsan.

Beribadah

Mampu dan terbiasa mengamalkan ibadah-ibadah yang utama sehari-hari seperti bersuci, shalat, dan berdoa sesuai contoh Nabi ﷺ.

Al-Quran & As Sunnah menurut pemahaman Salafus Shalih

Menjadikan cara beragama Salafus Shalih sebagai dasar rujukan dan pijakan.

Berbakti kepada kedua orangtua

Beradab kepada orangtua, senang membantu dan rajin mendoakan keduanya.

Berakhlak mulia

Santun dalam bertutur kata, baik interaksinya dengan sesama.

Cerdas

Mampu berpikir ilmiah, dapat membedakan mana yang bermanfaat bagi dirinya dan mana yang tidak.

Mandiri

Mampu melakukan kemampuan dasar hidup tanpa bantuan orang lain.

Sehat

Mengetahui dan mempraktekan perilaku hidup bersih dan sehat.

Pembelajar sepanjang hayat

Menjadi seorang rajin belajar, gemar membaca buku, dan terus berupaya mencari ilmu yang bermanfaat ke jenjang yang lebih tinggi. Menjadi seorang penuntut ilmu.

Awal berdirinya...

Berangkat dari visi agar anak-anak kita tumbuh kembang menjadi putra dan putri yang shalih dan shalihah, menjadi generasi yang cinta kepada Allah dan Rasulullah ﷺ, SDIT Anak Shalih Bogor Islamic School berdiri pada tahun 2009 di bawah Yayasan Pendidikan Islam Imam Ahmad bin Hanbal dengan Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafizhahullah sebagai pembina kami.

Pada awalnya, kegiatan belajar-mengajar berlangsung di lantai 2 (area akhwat) Masjid Imam Ahmad bin Hanbal Bogor. Ketika itu ruang kelas masih “knock-down”. Pada hari bersekolah lantai 2 masjid dipasang sekat dan sarana penunjang lainnya dipasang. Setiap akhir pekan sekat dibuka, fasilitas belajar disusun rapi di pinggir ruangan, karena area lantai 2 tersebut digunakan untuk kajian rutin yang diajarkan oleh Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafizhahullah. Kondisi ini berlangsung selama sekitar 3 tahun sekolah berjalan.

Alhamdulillah, berkat pertolongan, kemudahan serta rezeki dari Allah, pada tahun 2013 kami mulai menempati bangunan gedung sekolah sendiri di tanah seluas 5.000 m2. Secara bertahap, kami mengembangkan dan terus meningkatkan sistem pendidikan, manajemen, SDM, serta fasilitas penunjang kegiatan pendidikan. Dari hanya 1 kelas yang terdiri dari 22 siswa dan 5 staf saat pertama kali sekolah berdiri, kini SDIT Anak Shalih Bogor Islamic School diberi amanah untuk mendidik lebih dari 400 siswa dan siswi, dengan jumlah guru dan staf lebih dari 60 orang.

Profil pendidik

Para pendidik yang berkhidmat saat ini berasal dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta ternama seperti UI, IPB, UGM, UNPAD, UPI, UNJ, UNY, UNEJ, UIKA, STAI Ali bin Abi Thalib, serta dari lulusan berbagai pesantren seperti Minhajus Sunnah, dll.

Bagi kami, seorang pendidik haruslah seorang pembelajar juga. Karena itu, mereka diberikan kesempatan untuk terus belajar melalui kajian dan kegiatan pengembangan profesionalisme internal, diantaranya:

  • Kajian dan bedah buku agama pekanan.
  • Pembelajaran tajwid Al-Quran dan setoran hafalan pekanan.
  • Pelatihan pengembangan profesi seperti pemantapan aplikasi Kurikulum 2013, komunikasi efektif, pelatihan optimalisasi media belajar, manajemen kelas, dan metode pembelajaran.
  • Pelatihan pendukung pendidikan seperti phonegraphy dan penulisan buku.

Dengan demikian, in sya Allah para pendidik di SDIT Anak Shalih Bogor Islamic School memiliki pola pikir yang sama terkait visi dan misi sekolah, memiliki kemampuan dan keterampilan untuk mewujudkannya, serta menjadi teladan sebagai pembelajar sepanjang hayat.

1
Guru Diniyah
1
Guru Umum
1
Guru Al-Quran

9 : 1

Rasio Siswa
dan Pendidik

Kompetensi Lulusan

Program yang terintegrasi nilai-nilai keislaman ini tidak sekedar memperkaya pengalaman belajar. Setiap peserta didik SDIT Anak Shalih Bogor Islamic School juga mendapatkan bimbingan mengenai manhaj (cara beragama) yang benar dalam keyakinan, ucapan, dan perbuatan. Disamping itu, kami juga membekali mereka dengan keterampilan hidup dan kemampuan teknologi sebagai bekal melanjutkan pendidikan di jenjang selanjutnya. Dengan izin Allah, kurikulum kami akan menghasilkan anak-anak shalih dan shalihah dengan kompetensi berikut:

Aqidah

Mengetahui makna tauhid, rukun dan macam-macamnya, memiliki keyakinan yang benar tentang rukun-rukun Islam, Iman, dan Ihsan.

Ibadah

Mampu melaksanakan ibadah-ibadah yang pokok seperti bersuci, shalat, puasa sesuai petunjuk dan contoh Nabi Muhammad ﷺ

Adab & Akhlak

Menerapkan adab yang benar kepada Allah dan Rasul-Nya ﷺ, santun dan suka membantu orangtua, bermuamalah dengan baik dengan sesama, dan menjaga lingkungan.

Al-Qur'an

Mampu membaca Al-Qur'an sesuai kaidah tajwid yang benar, terbiasa dan gemar membaca Al-Quran.

Tahfizh

Hafal minimal 3 Juz Al-Quran dengan mutqin, serta mengetahui cara untuk menambah dan menjaga hafalannya.

Hadits

Mengetahui kedudukan hadits dalam beragama, serta hafal minimal 20 hadits Al-Arba'in An-Nawawi

Doa & Dzikir

Hafal dan terbiasa mengamalkan dzikir pagi petang, doa-doa harian yang shahih, serta doa dan dzikir saat shalat dan setelah shalat.

Fisik

Psikomotorik yang matang untuk mendukung kegiatan belajar dan ibadah, memiliki kemampuan renang dan memanah.

Teknologi

Menguasai keterampilan dasar mengoperasikan komputer dan menggunakan aplikasi office.

Kiprah alumni

Kiprah alumni

Perjalanan belajar di tingkat sekolah dasar merupakan fondasi untuk menuntut ilmu pada tingkat lanjutan dan berkiprah setelahnya. Alhamdulillah, lulusan SDIT Anak Shalih Bogor sudah tersebar di banyak sekolah lanjutan favorit yang juga bermanhaj Ahlus Sunnah wal Jama’ah.

Sebagai keluarga besar yang turut membimbing perjalanan pendidikan mereka, kami bersyukur manakala mereka berhasil menorehkan prestasi di pendidikan lanjutan. Semoga mereka kelak menjadi insan yang bermanfaat bagi diri, keluarga, kaum muslimin, bangsa dan negara.

I T = Islam Terpadu

Untuk meraih visi tersebut, kami mengintegrasikan nilai-nilai keislaman di dalam setiap pelajaran dan kegiatan pembelajaran, tidak hanya diajarkan dalam pelajaran diniyah saja. Membimbing para siswa mengenai manhaj (cara beragama) yang benar; baik tentang keyakinan, ucapan, maupun perbuatan. Saat belajar, beraktivitas, hingga saat makan bersama. Di dalam dan di luar kelas. Teori dan prakteknya. Ini adalah “ruh” kurikulum kami.

Kurikulum Diniyah

SDIT Anak Shalih Bogor Islamic School merujuk pada kurikulum pendidikan nasional terkini yang terintegrasi melalui porsi pembelajaran diniyah yang menguatkan fondasi, dan bertumbuh menyesuaikan kognitif dan tumbuh kembang peserta didik.

Kelas 1 dan 2

Kelas 3, 4, dan 5

Kelas 6

Sistem Pengajaran

Kami menyadari bahwa proses belajar sama pentingnya dengan hasil yang dicapai. Maka kami menyusun sistem yang mengedepankan kecakapan sepanjang hayat dan tidak hanya sekedar lulus ujian.

Kurikulum Terintegrasi Penanaman Keislaman

Dalam setiap pelajaran dan kegiatan belajar kami senantiasa selipkan materi atau nilai keislaman untuk menanamkan penerapan agama dalam kehidupan sehari-hari.

Kajian Islam

Kajian Islam untuk menguatkan pemahaman diniyah siswa dan membiasakan adab di majelis ilmu. 

Mutaba'ah Yaumiyah

Selain memberikan pemahaman, menumbuhkan karakter memerlukan pembiasaan yang berulang terutama saat siswa tidak berada di sekolah. Karena itu kami melibatkan orangtua untuk merekam pembiasaan siswa, serta mereview dan melaporan perkembangannya secara berkala agar kita bersama-sama berperan aktif membentuk karakternya.

Buku dan bahan ajar yang aman

Buku-buku dan bahan ajar yang digunakan kami seleksi terlebih dahulu dan in sya Allah mendukung aman dari konten yang terlarang. Kami juga membuat buku ajar sendiri sesuai kurikulum khas kami.

Pojok baca di setiap kelas

Tersedia ruang khusus di setiap kelas dengan koleksi literatur sesuai program literasi sekolah.     

Pembelajaran Al-Quran dan Diniyah

HAFAL, bukan pernah hafal

Adalah motto program pembelajaran Al-Quran (PPA) kami. Kami berupaya agar setiap siswa dan siswi mampu membaca Al-Quran dengan baik. Tepat makhrajnya, benar tajwidnya, dan mutqin (kuat) hafalannya. Agar tercapai target hafalan 3 juz (28, 29 dan 30), kami memberikan porsi PPA sebanyak 16 jam pelajaran setiap pekan, dengan 1 guru mengampu 12-15 siswa. Untuk menjamin kualitas hafalan siswa, maka kami mengadakan ujian setoran hafalan 3 juz sekaligus dari surat An-Naas hingga surat Al-Mujadilah dengan total sejumlah 1.302 ayat.
Alhamdulillah, dengan izin Allah, berbagai upaya ini dipadu dengan kerjasama yang baik dengan orangtua siswa, lulusan kami tidak hanya berhasil menuntaskan hafalan 3 juz Al-Quran, namun diantaranya juga berhasil mencapai lebih dari 10 juz. Dan alhamdulillah, lulusan SDIT Anak Shalih Bogor juga banyak yang telah berhasil menuntaskan hafalan 30 juz Al-Quran di sekolah lanjutan mereka.
Play Video

Pembelajaran selama masa pandemi

Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), agar kegiatan belajar-mengajar tetap dapat berlangsung dengan lancar, kami melakukan banyak sekali penyesuaian yang diantaranya:

Semua ini adalah ikhtiar kami untuk memenuhi hak belajar setiap siswa dan siswi serta memberikan kemudahan kepada orangtua.

Play Video
Play Video

Kurikulum "Tersembunyi"

Selain kegiatan belajar-mengajar di dalam kelas, banyak program yang menjadi ikhtiar kami untuk membina karakter anak salih sesuai visi dan misi sekolah. Program-program ini “terselubung” di dalam berbagai kegiatan kami. 

Sholat berjama'ah
di masjid

Membiasakan siswa laki-laki untuk sholat berjamaah di Masjid bersama warga setempat, berlatih untuk tertib dan tenang, sopan dan santun terhadap orang-orang tua. Siswa perempuan sholat berjama’ah bersama guru.

Keputrian

Selain belajar pendidikan menjelang usia baligh dan remaja, para siswi berlatih keterampilan sehari-hari di rumah seperti memasak, menjahit, dan membuat berbagai macam kreasi.  

Pekan Musabaqoh

Setiap menjelang akhir semester kami mengadakan Pekan Musabaqoh yang menumbuhkan jiwa kompetisi dan kerjasama tim pada siswa dan siswa untuk berjuang meraih prestasi. Diantara yang kami perlombakan adalah Musabaqoh Hifzhul Quran (MHQ), cerdas cermat, serta perlombaan ketangkasan fisik.

Pembelajaran Adab Makan

Kegiatan makan siang bersama kami kemas dengan program pembelajaran adab makan (PPAM). Siswa dan siswi dibiasakan melaksanakan adab-adab Islam saat makan; baik sebelum, ketika, maupun setelahnya.

Pada saat kegiatan siswa dan siswi juga dilatih untuk bekerja sama, bertanggung jawab, mandiri, menjaga kebersihan, berbuat baik kepada teman, menunggu giliran, bersikap qona’ah dan banyak bersyukur kepada Allah. 

Dan orangtua tidak perlu khawatir membuat bekal karena makan siang kami yang menyiapkan di dapur sendiri. Setiap hidangan siswa mendapat asupan gizi yang lengkap yang terdiri dari nasi, lauk hewani, lauk nabati, sayur, buah/pudding.

Play Video
Play Video

Sedap!

Singkatan untuk program kami “SErunya belajar di DAPur!”, dimana siswa dan siswi belajar mengenal beraneka ragam bahan makanan, bumbu dapur, peralatan dapur, proses pengolahan makanan, hingga praktek langsung mengolahnya menjadi produk yang siap disantap.. Seru!

Piket Kelas

Kami membuat standar piket kelas yang terdiri dari 8 hal untuk menumbuhkan kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan, serta rasa empati dan kerjasama dalam menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan.

Kami menanamkan bahwa kebersihan ruang kelas dan lingkungan sekolah adalah tanggung jawab kita bersama. Dan kami harap mereka pun mampu menerapkannya di lingkungan rumah masing-masing. 

Play Video

MADING

Wadah untuk mengekspresikan karya dan tulisan mereka. Kegiatan untuk melatih kemampuan literasi, menumbuhkahkan minat membaca, dan melatih kerjasama di antara siswa dalam 1 kelas. Kami juga membuat kompetisi Mading bulanan dan memberi hadiah menarik yang bisa dinikmati oleh semua siswa dalam 1 kelas.

Market and Science Day

Kegiatan market day menumbuhkan jiwa wirausaha, kreativitas dan melatih kejujuran. Para siswa belajar praktek jual beli dan mengatur keuangan. Kegiatan science day merupakan praktikum ilmiah yang bermanfaat yang menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berfikir ilmiah siswa dan siswi.
Play Video
Play Video

Outbound

Kegiatan seru di area outdoor yang melatih kesiapan fisik dan motorik siswa, serta kerjasama tim.

Praktek Qurban

Praktek berqurban memberikan pengalaman nyata dari mulai penyembelihan hewan qurban, pengulitan, pencacahan hingga mengolah dan menyantap bersama hasil sembelihan.

TEMU ALUMNI

Kami mengundang alumni berprestasi untuk berbagi pengalaman dan tips selama bersekolah di sekolah lanjutan, memotivasi para siswa agar semakin bersemangat dalam menuntut ilmu di jenjang sekolah dasar untuk menyambut jenjang pendidikan selanjutnya.    

Sekolah Hijau

Untuk menumbuhkan wawasan dan rasa kepedulian lingkungan dan cinta kebersihan pada siswa, kami mengadakan berbagai kegiatan melibatkan peran aktif mereka.

Ada kegiatan Rajumsih (Rabu Jumat Bebersih) belajar berkebun, membuat biopori, mengolah sampah, botol plasitik dan jelantah untuk dijadikan produk bermanfaat atau disalurkan ke BASIBA Kota Bogor.

Dengan berbagai inisiatif ini, Alhamdulillah SDIT Anak Shalih Bogor mendapatkan Penghargaan Raksa Prasada Adiwiyata (Sekolah Berbudaya Lingkungan) dari Gubernur Jawa Barat.

Kegiatan Ekstrakurikuler

Untuk mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuan siswa di luar bidang akademik, kami mengadakan kegiatan yang bermanfaat yang khususnya dianjurkan oleh Rasulullah ﷺ yakni renang dan panahan. Kami merancang kegiatannya agar setiap siswa dan siswi benar-benar mampu menguasainya. Untuk itu, di kelas 4 mereka berlatih renang hampir setiap pekan selama 1 tahun pelajaran, dan di kelas 5 mereka berlatih panahan selama itu juga. Untuk kelas 3, siswa dapat memilih untuk ikut ekstrakurikuler karate, art class, clay, atau robotik.

Fasilitas Sekolah

Berbagai sarana pendukung kegiatan pembelajaran yang in sya Allah memadai telah tersedia dan terus ditingkatkan untuk mendukung berbagai kegiatan pembelajaran.

KELAS YANG NYAMAN

Ruang kelas seluas 7 x 8 m2 untuk 28 siswa dengan pencahayaan dan aerasi alami, meja dan bangku yang ergonomis. Tersedia juga wastafel untuk mencuci tangan untuk kegiatan pembelajaran adab makan dan lainnya.

Perpustakaan

Perpustakaan dengan program literasi sesuai visi dan misi sekolah. Tersedia beragam literatur yang memperluas wawasan yang sesuai untuk usia sekolah dasar.  

Lab Komputer

Tempat belajar menguasai kemampuan dasar mengoperasikan komputer dan beragam aplikasinya agar siswa dan siswi mampu menggunakan teknologi untuk hal-hal yang bermanfaat.

Kebun percobaan

Tempat siswa belajar mengenal berbagai macam jenis tanaman serta praktek cara menanam, merawat, dan memanennya.

Halaman yang Luas

Tempat siswa bermain dan menyalurkan energi dan kesenangan.

Masjid

Dimana siswa melaksanakan sholat berjama’ah bersama guru dan warga sekitar, berlatih adab di masjid, mengikuti kajian Islam, serta ibadah-ibadah lainnya.

UKS

Unit kesehatan yang bukan hanya berfungsi untuk pelayanan kesehatan, namun juga berperan untuk memberikan edukasi PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) sesuai misi sekolah.

Dapur Anak Shalih

Dapur dengan tim dan peralatan yang lengkap untuk menyediakan makanan sehat lagi lezat, serta memberi pembelajaran bermakna bagi siswa.

Alhamdulillah dapur kami telah mendapatkan sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Jasaboga Golongan A, No.10.03/2285/BOGA-0134/P3KL dari Dinas Kesehatan Kota Bogor.

Minimart Anak Shalih

Menyediakan berbagai kebutuhan sekolah dan warga. Untuk siswa menggunakan sistem deposit dengan rekaman data, agar orangtua dapat ikut mengawasi pengeluaran ananda.

Jemputan Resmi

Jemputan juga ikut andil dalam pembinaan akhlak siswa. Pengemudi kami merekam perilaku siswa selama di perjalanan dan menyampaikannya kepada sekolah untuk kemudian ditindaklanjuti. 

Orangtua juga dapat memantau lokasi kendaraan jemputan kami secara live saat beroperasional. 

Demikian profil singkat sekolah kami.

Betapa bersyukur dan berbahagianya kami, apabila segenap upaya kami bersama orangtua siswa berbuah hasil yang baik sesuai visi kita bersama.

Berikut adalah kesan dan pesan dari salah satu orangtua siswa yang keempat putra dan putrinya bersekolah di SDIT Anak Shalih Bogor Islamic School.

Mari bersama kami membimbing putra putri kita tumbuh kembang menjadi anak yang shalih dan shalihah, bersama-sama membangun generasi yang cinta Allah dan cinta Rasulullah ﷺ